Perintah Dasar Jaringan Di Command Prompt


Untuk mengetahui kwalitas koneksi jaringan yang kita pakai, sistem operasi telah menyediakan perintah jaringan yang berfungsi sebagai tools untuk melihat koneksi jaringan yang kita pakai. Tools tersebut memperlihatkan info yang di gunakan untuk troubleshooting jaringan baik bagi pengguna sisitem operasi windows maupun linux.


Nah berikut ini tools yang sering dipakai


ping 


Perintah ping berfungsi untuk mengirimkan ICMP echo request packet ke host tujuan, aplikasi ini memakai protokol ICMP (Internet Control Message Protocol). Perintah ping digunakan untuk mengirimkan pesan ke host tujuan contohnya ping www.google.com akan di ketahui berapa usang waktu round-trip perjalanan antara komputer Anda dengan host tujuan. Di sini akan terlihat “request timed out” kalau packet loss terjadi tidak terjadi relasi dengan host tujuan.


traceroute / tracert / tracepath


Perintah dasar selanjutnya yaitu traceroute mirip dengan perintah ping tapi perintah ini sanggup mengetahui rute jalur info dari paket tujuan awal melewati host dari mana saja. traceroute mengirimkan paket ke tujuan, setiap router Internet yang di lewati dan  menandakan jalur koneksi antara komputer dengan host tujuan.

Tool ini sanggup membantu untuk troubleshooting koneksi, contohnya kita tidak  terhubung dengan server, dengan menjalankan traceroute akan menandakan jalur/hop yang bermasalah antara komputer dengan host tujuan. 

ipconfig / ifconfig


perintah ipconfig di gunakan untuk sistem operasi windows untuk mengetahui alamat IP Address, DNS, Gateway dan konfigurasi interface LAN yang lain, untuk sistem operasi berbasis linux anda sanggup memakai perintah ifconfig.

nslookup


Perintah dasar selanjutnya yaitu perintah nslookup di gunakan mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain. Contohnya, anda sanggup menjalankan perintah nslookup untuk melihat IP address google.com. contohnya nslookup google.com akan muncul info wacana IP Adress yang di gunakan oleh google.

netstat

netstat kependekan dari network stats, perintah ini menampilkan koneksi jaringan yang masuk dan keluar yang melewati jaringan melalui sistem operasi yang anda pakai. Utilitas netstat sanggup memperlihatkan koneksi yang open di komputer Anda, kegiatan mana yang menciptakan koneksi, berapa banyak data sedang dikirim, dan info lainnya.


ipconfig /renew

perintah ini di gunakan untuk meminta ip address dri server dhcp, kita sanggup jalankan melalui command prompt di windows

ipconfig /flushdns

Perintah ipconfig /flushdns ini fungsinya yaitu untuk menghapus dan juga mereset DNS cache di Windows, memaksa Windows mendapat alamat gres dari DNS server setiap kita akan mengakses situs baru.

ipconfig /registerdns

Perintah ipconfig /registerdns  ini yaitu kebalikan dari flusdns, yaitu digunakan untuk merefresh kembali DNS Server, den meregister ulang kembali koneksi DNS.

ipconfig /release

Perintah ipconfig /release ini fungsinya yaitu untuk menghapus konfigurasi alamat ip address.

ipconfig /displaydns

Di gunakan untuk menampilkan DNS cache.


Nah itulah sedikit info tools jaringan yang sering di pakai untuk menyidik koneksi jaringan yang kita pakai, biar menmabah pengetahuan kita. Semoga berguna….